Rumah Sasando Om Pah

Banyak sekali alat musik tradisional unik dari Indonesia.  Salah satunya Sasando dari Kupang. Ketika anda berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, pastikan anda mengunjungi kediaman om Jeremias August Pah, seorang pemetik Sasando yang tidak bisa lepas dari Sasandonya

Pria yang  lebih akrab dipanggil om Pah ini tinggal di rumah sederhana yang juga unik. Om Pah membentuk tempat untuk kerajinan Sasando di depan rumahnya. Uniknya lagi, ia pun tak segan menampilkan cara-cara pembuatan Sasando tepat di samping rumahnya sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan serta hasil jadinya.

Bukan hanya itu, terkadang ada juga live music Sasando bagi para pengunjung yang datang untuk melihat ataupun membeli. Live music Sasando kadang dimainkan oleh om Pah atau oleh anaknya. Walaupun di Indonesia nama om Pah tidak banyak didengar, namun mancanegara ternyata sudah banyak yang mendengar petikan dari om Pah.

Ternyata sekarang pun ketika anda datang ke rumah om Pah, musik yang dimainkan bukan hanya musik tradisional melainkan musik pop pun sering dimainkan.  Tapi terntu saja akan lebih terasa ‘Kupang’nya apabila mendengarkan petikan lagu asli Kupang. Semilir angin siang hari di Kupang akan terasa lebih nikmat sambil mendengarkan petikan Sasando.

Anak Om Pah sedang Live Music Sasando

(foto milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply