Eko Nugroho: Komikus? atau Pelukis?

Referensi bisa didapatkan dimana saja, termasuk apa yang kita temui sehari-hari di jalanan. Inilah yang dimanfaatkan Eko Nugroho seorang pelukis dan komikus asal Jogjakarta.

Dalam karyanya, referensi visual yang kita temui sehari-hari tersebut seperti bersatu dan meledak menjadi sebuah karya yang unik. Selain itu, sentuhan visual komik yang kuat pun membuat karyanya dapat dilihat dari sisi yang berbeda.

Bukanlah suatu kejutan dalam karya Eko terdapat banyak sentuhan visual komik. Hal ini dikarenakan Eko merupakan sang Presiden Daging Tumbuh. The Daging Tumbuh adalah sebuah media penerbitan alternative dan underground yang berhubungan dengan komik. Namun dirinya sendiri tidak mengatakan bahwa The Daging Tumbuh adalah miliknya sendiri, melainkan milik semua yang terlibat di dalamnya.

Kiprahnya dalam dunia komik pun melahirkan antara lain antologi The Konyol (terbitan Orakel, Jogja). Dalam komiknya ini Eko sangatlah membanyol dengan drawing ala kadarnya yang terinspirasi dari Petruk dan Gareng

Dan inilah hasil karya dari Eko Nugroho yang diambil dari website pribadinya di http://www.ekonugroho.or.id

 

Ini dia cover komik The Konyol karya Eko Nugroho

 

(semua gambar diambil dari website pribadi Eko Nugroho)

[]    Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply