Hapalan dan Perhitungan dalam Teater?

Siapa bilang seni beradu akting jauh dari hapalan dan perhitungan? Untuk anda yang berpikir bahwa seni beradu peran itu hal yang santai, baiknya anda berpikir dua kali. Teater berbeda dengan film. Mungkin semua orang sudah tahu akan hal ini, tapi ada esensi perbedaan yang penting di antara kedua hal tersebut. Kalau dalam film si pemain melakukan kesalahan adegan atau lupa naskah, masih ada kata ‘cut’ yang keluar dari mulut si sutradara, lantas bagaimana dengan teater?

Istilah yang muncul tentu saja the show must go on, baik kesalahan yang mungkin tidak disadari penonton bahkan kesalahan yang jelas-jelas salah di mata penonton. Si pemain jelas harus menghapal setiap detail naskah, blocking, serta mimik yang harus ia munculkan dalam setiap adegan.

Itu mengenai hapalan, bagaimana dengan perhitungan? Perhitungan antara sound dan adegan sangatlah penting. Tidak mungkin efek suara datangnya terlambat ataupun terlalu cepat. Maka itu dibutuhkan banyak sekali latihan yang pastinya menguras energi.

Belum lagi waktu pergantian kostum yang harus cepat dan tidak berisik. Tidak kebayang kan bagaimana suasana di belakang panggung? Semua perasaan pasti bercampur menjadi satu.

Itu dia seputar seni berteater dan salut untuk orang-orang yang mencintai seni teater tersebut. Bagaimana dengan anda? Apakah anda berminat?

(semua foto milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply