Mudahnya Membuat Sebuah Dokumenter

Siapa bilang dokumenter adalah hal yang sulit?  Dan siapa bilang harus selalu topik yang sulit untuk didokumentasikan? Jangan salah, tanpa anda sadari sekeliling anda bisa menjadi topik yang menarik untuk didokumentasikan.

Dokumenter memiliki arti film yang mendokumentasikan kenyatan. Dari arti katanya, kita bisa menangkap bahwa dokumenter adalah sebuah sarana untuk menggambarkan kenyataan yang terjadi di sekeliling kita. Jadi sebenarnya, dokumentari bisa dimulai dari hal yang sederhana misalnya perjalanan mudik, liburan, atau semacamnya.

Selain itu, sebagaimana kita tahu munculnya kamera DSLR (digital single-lens reflex) yang bisa merekam video dengan resolusi yang cukup tinggi tentu saja mempermudah pengambilan gambar. Tidak perlu lagi menyewa kamera yang besar ataupun sound yang wah untuk membuat sebuah dokumentari. Semua kemudahan ini akhirnya membantu kita untuk menyalurkan ide-ide untuk membuat sebuah dokumentari yang bagus dengan cara yang sederhana.

So karena segalanya sudah dipermudah dan tersedia di sekeliling kita, kenapa kita takut untuk memulai membuat sebuah dokumentari? Tentang kampung halaman anda, Jakarta, atau bengunan-bangunan unik di sekeliling anda. Jika anda tertarik,  anda bisa bergabung di Projek Dokumenter serta follow twitternya @ProDokumenter

Let’s prepare your camera!

(semua foto milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply