Toko Kompak: Arsitektur Cina Kuno di Pasar Baru

Pasar Baru, walau sudah ada sejak jaman Belanda namun tetap dikenal sebagai pasar yang selalu baru. Berlokasi dekat Gedung Kesenian Jakarta, mungkin sudah kalah pamor dengan mal-mal besar Jakarta. Tapi siapa yang sangka di dalam kawasan Pasar Baru masih terdapat sebuah toko bergaya Cina kuno?

Namanya Toko Kompak, sebuah toko yang tidak jelas jualannya karena di sana hanya terdapat beberapa dagangan tas dan barang-barang kecil saja. Toko ini nampaknya hanya menjadi tempat tinggal pemiliknya saja. Tidak heran saat kita masuk ke toko ini lebih terasa masuk ke ruang tamu dibanding ke sebuah toko.

Bangunan Toko Kompak masih menggunakan gaya arsitektur Cina. Kalau Jakarta dikagumi karena bangunan-bangunan bergaya kolonial, maka bangunan toko ini memberikan variasi yang berbeda dengan ornamen-ornamen Cina yang otentik. Ruang tengah terbuka dengan konstruksi kusen kayu besar berikut ornamen dan ukiran Cina. Semua terlihat asli. Belum lagi perabotan kayu yang artistik. Bayangkan jika toko ini dikelola sebagai sebuah korservasi arsitektur, maka si pemilik toko tidak perlu pusing mencari uang dengan berjualan untuk merawat bangunan jadul ini.

Semestinya bangunan ini masuk kategori heritage, pengunjung bisa mampir untuk mencari inspirasi atau referensi atas sebuah bangunan Cina tempo doeloe. Sempatkan main-main ke Pasar Baru dan singgah ke Toko Kompak. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk utama (Kali Ciliwung) sekitar 100m sebelah kanan.

(Foto: @motulz)

[]

Share

Leave a Reply