Museum Layang-Layang: Upaya Agar Layangan Tidak Punah

Ingatkah anda dengan permainan layang-layang? Dulu, sore hari terasa kurang lengkap sebelum menerbangkan layang-layang. Bagaimana dengan sekarang?

Di tengah kemajuan teknologi, anak-anak jaman ini sudah jarang bermain layang-layang. Bukan hanya jarang, bisa jadi tidak mengerti sama sekali bagaimana cara menerbangkannya. Untuk anda yang ingin sekedar bernostalgia atau pun mengenalkan layang-layang kepada anak-anak, mungkin Museum Layang-layang Indonesia bisa menjadi tempat yang menarik untuk anda.

Musium yang terletak di Jl. H.Kamang no 38, Pondok Labu, Jakarta ini memiliki koleksi dari seluruh pelosok Nusantara dan Mancanegara. Mulai dari yang berukuran 2 cm sampai 9×26 meter. Bentuknya pun bukanlah hanya segi empat, namun kita bisa banyak melihat bentuk-bentuk layangan yang unik di museum ini.

Satu hal yang paling menarik dari Museum Layang-Layang ini adalah museum ini banyak dikunjungi anak-anak baik untuk sekedar melihat maupun membuat layang-layang. Setidaknya, mereka bisa tahu dan mengerti sejarah permainan layang-layang.

(semua foto milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply