Desain Gelas Kopi Kebalik

Tidak jelas dari mana asalnya meminum kopi dengan cara membalikkan gelas kopi di atas piring tatakannya. Yang jelas cara ini digunakan untuk membuat adem kopi agar mudah diseruput. Apakah cara minum seperti ini merupakan khas cara Indonesia saja? Entahlah.. yang akan coba dibahas kali ini adalah desain gelasnya.

Hampir banyak gelas yang digunakan untuk meminum kopi dengan cara seperti ini umumnya gelas transparan. Alasannya mudah agar isi kopi dapat terpantau isi volumenya. Lalu piring tatakan yang digunakan pun bagian tengahnya musti rata, tidak boleh melengkung. Karena bidang rata pada piring tatakan membuat permukaan piring mentup rapat dengan bibir gelas. Contoh sederhana desain gelas ini misalnya bagian bawah gelas dibuat lebih tebal atau bagian piring tatakan dibuat salah satu sisinya lebih “munjung” agar memudahkan diseruputnya.

Keunikan cara minum “gaya Indonesia” ini tentu menjadi menarik jika ada desainer produk lokal yang terinspirasi untuk mendesain gelas dan piring tatakan khusus untuk “ngopi” a la Indonesia. Lalu dalam kemasannya dilengkapi cara menggunakan dan cara memimunnya. Inspirasi desain seperti ini jelas akan memberikan sentuhan khas desain a la Indonesia.

(Foto dan skets milik @motulz)

[]

Share
  1. pradaksina says:

    Fungsi utama gelas terbalik bukan agar mudah diseruput, tapi agar kopi lebih awet panasnya, karena gelas yg terbalik lebih rapat sehingga udara luar gak bocor ke dalam gelas (kalau udara luar bocor, air kopi pasti keluar)

    Beda dengan tutup gelas biasa yg masih memungkinkan udara luar bocor ke dalam gelas (kecuali tutup gelas karet ala tupperware). Jadi, sesudah bermenit2, kopi dg gelas terbalik masih tetap panas.

Leave a Reply