Ketika Robot Terbuat dari Kertas

Replika anime dengan bahan plastik mungkin sudah biasa, bagaimana dengan bahan kertas?

Awalnya , stand Paper Replika Nampak biasa saja karena kebanyakan replika yang ditampilkan sama seperti stand lainnya seperti gundam, dan lainnya. Namun ketika anda melihat lebih dekat dan memegang replika tersebut, barulah anda akan kagum karena semua replika tersebut terbuat dari kertas.

Pembuatan replika anime ini merupakan seni Papercraft. Papercraft adalah turunan dari origami yang merupakan seni melipat asal negri matahari.  Kalau dalam origami kita tidak bisa menggunakan lem dan gunting, namun Papercraft harus menggunakan gunting untuk memotong pola serta lem untuk menempelkannya.

Awalnya papercraft di cetak di majalah pada abad ke 20 yang di namakan Card modeling.  Pernahkah anda menemukan pola di majalah untuk dirangkai sedemikan rupa? Itu juga merupakan sebuah teknik Papercraft.

Seiring majunya perkembangan zaman dan kreatifitas manusia, kini Papercraft menjadi semakin kompleks. Bukan hanya untuk bentuk-bentuk sederhana, bahkan bentuk yang rumit seperti robot gundam pun bisa menggunakan teknik Papercraft.

Kertas – kertas yang di digunakan dalam papercraft sekompleks ini diharuskan mempunyai ketebalan yang berkisar dari 100gr – 200gr keatas. Namun untuk replika yang sangat kecil, bisa menggunakan kertas HVS agar mempermudah proses pelipatan.

Untuk mencoba membuat replika dari kertas ini, anda bisa mengunjungi website Paper Replika di http://www.paper-replika.com

 

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply