Mencari Inovasi Lewat Lomba

Inovasi, istilah ini dulu jarang sekali digunakan, rasanya menjadi istilah yang sangat asing bagi bangsa ini karena minimnya kajian, kebiasaan, pembahasan, bahkan tantangan yang berkaitan dengan sebuah inovasi teknologi. Kini istilah inovasi mulai lekat dengan anak muda, apalagi sejak adanya lomba inovasi tahunan.

Black Innovation Awards, adalah sebuah ajang lomba inovasi yang inisiatifnya justru datang dari sebuah perusahaan rokok. Dimulai sejak 2007, lomba ini sudah banyak menghasilkan ide-ide dan konsep karya inovatif dari anak-anak muda Indonesia. Awalnya, lomba ini memang banyak menemui kendala saat memperkenalkan konsep inovasi kepada masyarakat. Rasanya masyarakat saat itu aneh dengan konsep inovasi, mengingat hampir banyak produk-produk fabrikasi buatan lokal cenderung melakukan penjiplakan desain dari produk asing dibanding harus membangun tim R&D (research and development) untuk melakukan riset-riset yang inovatif.

Maka pada tahun 2012, Djarum Black Innovation pun mulai melibatkan Dirjen HAKI (Hak Kekayaan Intelektual = hak cipta) sebagai pihak yang memperkuat konsep inovasi karya tersebut, untuk tahu apakah ide itu sudah ada dipasaran atau belum. Langkah ini pun jelas memperkaya koleksi daftar HAKI Indonesia. Cepat atau lambat tren inovasi teknologi dan desain makin kokoh dan makin matang. Pelaku teknologi dan desain makin tumbuh berkembang. Sebuah langkah inovatif untuk membangun dunia desain produk Indonesia.

Sudah semestinya lomba karya inovasi ini lebih diperbanyak lagi. Baik dari kalangan swasta maupun pemerintah, sebagai upaya membangun konstruksi industri ekonomi Indonesia. Harapannya, beberapa tahun ke depan akan banyak inovasi-inovasi teknologi anak bangsa dan direalisasikan oleh pihak industri.

(Foto-foto milik @motulz)

[]

Share

Leave a Reply