Ide Gila Modifikasi Sepeda

Sepeda adalah kendaraan sederhana dengan bentuk kerangka yang sederhana pula. Sejak awal, desain kerangka sepeda dibuat berdasarkan kebutuhan fungsinya saja (form follow function). Dari mulai sekedar transportasi jarak dekat, hingga sepeda gunung yang membutuhkan fungsi desain rangka yang lebih kompleks. Tapi bagaimana dengan rangka sepeda yang dibuat berdasarkan kesenangan saja (form follow fun)?

Sepeda dengan desain kerangka seperti pada foto adalah sebuah desain yang mengikuti keasikan semata. Dikenal dengan istilah low rider yang atau biasa dikenal dengan sebutan “ceper” pada mobil atau jenis motor Harley Davidson. Pengendara sepeda jenis ini cenderung rendah dan gagang stang yang menganga. Desain sepeda ini memang sengaja mengabaikan ergonomi atau kenyamanan pengendaranya. Sepeda jenis ini tidak dirancang untuk bergerak cepat.

Jika melihat dari desainnya, sepeda “rendah” ini memang nyaman digunakan santai dan tidak terburu-buru. Pengembangan dari desain sepeda ceper ini lebih kepada bentuk dan temanya. Kesan yang didaptkan dari sepeda jenis ini memang sesuatu yang unik dan keren. Makin aneh desainnya, maka terkesan makin unik dan keren. Jika ingin melihat sepeda low rider seperti ini, datanglah minggu pagi diseputaran Bunderan HI Jakarta. Ada banyak komunitas sepeda rendah seperti ini.

(Foto-foto milik @motulz)

[]

Share

Leave a Reply