Mengamati: Busway

 Dewasa ini, tanpa sadar mengamati sudah makin jarang dilakukan karena waktu luang atau menunggu sering kita gunakan untuk sibuk dengan gadget kita.Mengamati itu bisa dilakukan dimana saja. Sebagai contoh, mengamati sekitar kita saat di dalam bus Trans Jakarta. Apa yang menarik, aneh, kocak, atau ngaco?

Perjalanan dengan menggunakan bus Trans Jakarta jangan saja dipandang melelahkan. Coba pasang mata Anda dan mengamati sisi kiri dan kanan. Anda bisa melihat beberapa sisi kehidupan di dalam dan di luar bus Trans Jakarta. Anda boleh tersenyum sambil berpikir curiga, tapi cobalah pasang pikiran positif Anda baik-baik sambil menatap gambar berikut.

Supir Bus Trans Jakarta tengah memegang ponsel sambil mengemudikan bus. Ada apa ini, Pak? Mungkin ada hal yang lebih penting daripada mengemudi.

Ruang khusus wanita yang dihuni oleh pria. Tapi sadar atau tidak ya kira-kira Bapak ini?

Mendugakah Anda ketika melihat speaker bus sudah disarangi karat?

Tujuannya memang untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tapi ternyata masih ramai yah suasana di jalan.

Jangan abaikan momen-momen yang menarik bila Anda bosan atau menunggu dimanapun. Anda bisa tertawa diam-diam setelah mengamati momen yang terjadi di sepanjang jalur kebosanan Anda. Proses mengamati ini cukup mengasah sense kreativitas kita karena saat mengamati kita sedang melakukan komunikasi luar (mengamati) dan komunikasi dalam (merenung) disaat yang bersamaan. Pernah coba?

 

(semua gambar milik Amanda)

[]    Tulisan oleh Amanda – @03BMAI

 

 

Share

Leave a Reply