Pejuang… Ada Yang Masih Ingat?

Ada kebanggaan tersendiri saat mereka memakai atribut kebesarannya, walau cuma tempelan dibaju lusuh. Tapi energi emblem tersebut mampu membuat para bapak lanjut usia ini tegar. Karena memang dulu, ketika mereka berjuang untuk Indonesia, jabatan pejuang adalah sebuah penghargaan besar.

Kini, baju kebesaran tersebut sudah memudar, bukan saja warnanya tapi juga maknanya. Kebanyakan dari mereka sekarang tidak jelas keberadaan dan kesibukannya. Hampir banyak dari mereka mungkin hidup di bawah bayang-bayang kemiskinan. Kalau pun mereka bisa bertahan di belantara hiruk-pikuknya modernitas ibukota, mungkin karena mental pejuangnya yang masih tersisa.

Indonesia adalah bangsa yang tumbuh dan lahir dari perjuangan. Bangsa ini sudah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan. Untuk sebuah bangsa, kisah patriotik menjadi penting bagi kekuatan nasionalisme. Akan tetapi semangat tersebut nampaknya sudah redup bahkan padam. Anak-anak sudah jarang mendengarkan cerita-cerita perjuangan, kepahlawanan, atau pertempuran besar. Suram? Itulah perjalanan sejarah sebuah bangsa.

Akhirnya, mereka hanya bisa dipandang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka tidak menerima apapun dari masyarakat, tetapi mereka memberikan tenaga untuk memberikan kemerdekaan bagi negeri yang kita injak sekarang. Mungkin cara yang paling mudah dan murah bagi kita adalah dengan menyapa dan memberikan senyuman kepada mereka. Bukti bahwa kita tidak lupa keberadaan dan jasa mereka.

(semua gambar milik Amanda)

[]   Tulisan oleh Amanda – @03BMAI

Share

Leave a Reply