Dilema Mesin Pencari dan Proses Belajar Anak

Hidup di era serba cepat, sekali klik informasi didapat. Berbagai kemudahan bisa jadi sangat membantu manusia, tapi pastinya ada akibat juga yang timbul dari hal tersebut.

Proses dan hasil, keduanya berkaitan erat. Seiring kemajuan teknologi maka proses untuk mendapatan hasil kini dibuat jadi lebih mudah dan cepat. Akan tetapi kemudahan itu terkadang menjadi dilema tersendiri untuk anak-anak yang lahir dengan situasi teknologi yang serba mudah.

Proses untuk mendapatkan sesuatu, apa pun itu, faktanya tidaklah selalu mudah. Tapi dengan kemajuan teknologi sampai sejauh ini, akhirnya anak-anak seperti terbiasa atas proses yang mudah-mudah saja. Misalnya: proses mencari tahu. Semenjak anak-anak mengenal Google, mereka merasa bahwa jawaban instan lebih diperlukan dibanding proses pencaharian jawaban itu sendiri. Sekali klik, banyak sekali informasi tersedia di depan mata.

Proses pencaharian cepatpun akhirnya menjadi sebuah keharusan, karena cepat adalah nilai. Jadi kalau proses itu lama, akhirnya dianggap menjadi sebuah kerugian.

Nah, bayangkan jika anak-anak melihat itu sebagai sebuah kebenaran dalam proses belajar?

(gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply