Balon Anak-Anak & Kemajuan Teknologinya

“Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya, hijau, kuning, kelabu, merah muda, dan biru…” Itu tadi penggalan lirik lagu anak-anak “Balonku” yang sudah puluhan tahun kita kenal. Lagu tersebut menggambarkan balon anak-anak pada masa itu dengan beragam warna-warna yang indah.

Era teknologi masa kini hampir merubah semua aspek kehidupan kita, tidak terkecuali balon anak-anak. Di jaman lagu “Balonku”, anak-anak hanya dihibur dengan jenis balon yang berwarna-warni. Kini bukan cuma warna, balon anak juga makin berkembang dari sisi bentuk dan teksturnya.

Balon anak masa kini tidak cuma menampilkan hewan saja melainkan karakter atau tokoh kartun. Tidak hanya kartun animasi bahkan karakter video game. Pertimbangannya pun sederhana saja, karena anak-anak gemar sekali bermain video game dan game computer. Sebuah perkembangan yang sangat mengagumkan.

Hal yang menarik dari perkembangan teknologi balon anak-anak ini adalah bagaimana teknologi balon ini bisa mudah menyebar ke tukang balon kelas keliling ini? Ternyata akibat murah dan mudahnya perdagangan balon-balon yang berasal dari pasar Cina. Perdagangan bebas Cina ternyata mampu mengubah dan mempercepat perkembangan teknologi masyarakat di Indonesia. Jelas tidak hanya di sektor perdagangan balon anak-anak tapi juga perdagangan petasan (mercon). Dulu kita punya petasan produksi Parung sebagai daerah penghasil mercon, kini petasan buatan Parung nyaris tidak bisa ditemukan. Pasar petasan sudah dikuasai buatan Cina. Tidak heran, karena itulah hukum pasar bebas.

(Foto-foto milik @motulz)

[]

 

Share
  1. Les Baca says:

    Wah sangat menarikd dan lucu ya? tolong diinfokan hrga balon karakter yang anda jual Gan, mulai dari pengambilan 100 s/d 10.000 unit ya? kirim ke: toko_sakti@yahoo.co.id atau Telp. 081326794215, ditunggu ya gan.

Leave a Reply