Nomor Cantik, Bangsa Numerik?

Bagi banyak orang Indonesia, nampaknya matematika mungkin bukan ilmu pengetahuan favorit. Akan tetapi numerology atau ilmu angka-angka bisa jadi hal penting bahkan sangat penting bagi sebagian besar orang Indonesia. Hal ini nampak dari seriusnya orang Indonesia menyikapi pentingnya angka-angka dalam kehidupan mereka. Buktinya?

Nomor cantik, adalah istilah yang mendadak muncul dan ramai dibicarakan saat Indonesia boom dengan telpon seluler. Saat itu nomor telpon seluler bisa diperjualbelikan dengan harga yang cukup fantastis dibanding harga aslinya. Hal ini konon bukan sekedar terkait susunan angka-angka cantik agar mudah diingat, akan tetapi berhubungan dengan angka keberuntungan. Angka cantik rela dibeli mahal demi peruntungan di masa depan. Akhirnya resiko mahal pun tidak masalah.

Bukan cuma nomor telpon yang punya angka cantik. Sejak tahun 2001, orang Indonesia punya “mainan” baru dengan angka cantik, yaitu tanggal cantik dan jam cantik seperti 11:11 di timeline Twitter. Tanggal cantik diyakini banyak orang sebagai tanggal dengan peruntungan baik. Tentunya selain tanggal tersebut memang mudah untuk diingat. Tanggal cantik seringkali digunakan sebagai hari perayaan perkawinan berharap di tanggal tersebut mampu menjadi doa akan kebaikan di masa depan. Apakah hal ini terbukti? Entahlah cuma waktu yang akan menjawabnya.

Apalagi jika perayaan pada tanggal cantik tersebut pun masih dipilih yang khusus hari libur dan bukan hari kerja. Karena tanggal cantik yang meledak heboh biasanya yang terjadi saat weekend atau hari libur saja. Jika di hari kerja nampaknya jarang sekali digunakan sebagai hari perayaan.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share

Leave a Reply