Nugraha Pratama: Sketcher Film “Langit Ke-7”

Film Langit Ke-7 banyak dibicarakan orang karena menampilkan hobi remaja saat ini, yaitu diving dengan scene bawah laut-nya yang indah. Padahal di dalam film tersebut selain diving ada hobi lain yang tidak kalah kerennya, yaitu sketching!

Berbeda dengan diving, aktivitas hobi sketching di dalam film Langit Ke-7 ditampilkan lebih banyak bahkan berkait erat dengan cerita filmnya sendiri. Sketsa-sketsa apik di film ini digambar oleh Nugraha Pratama yang saat ini masih mengenyam pendidikan di jurusan DKV kampus Bina Nusantara Jakarta.

Nugraha memang gemar membuat sketsa dengan pewarnaan cat air. Lihat saja di blog-nya http://nugrahadrawing.blogspot.com, terlihat begitu beragam sekali cerita yang digoreskan Nugraha lewat buku sketching-nya.

Akan tetapi jika melihat gaya goresan sketsa awal-awalnya, terlihat ada perkembangan gaya gambar yang sangat signifikan. Ternyata hal ini dipengaruhi atas kekaguman Nugraha kepada teman komunitas sketcher-nya yaitu Mas Wid. Hal ini juga terlihat dari gaya sketsanya di dalam film Langit Ke-7 yang mirip dengan gaya “ngasal”-nya Mas Wid.

Kiprah Nugraha Pratama di film Langit Ke-7 jelas memberikan imbas positif  bagi dunia sketching di Indonesia. Selain itu cukup memberikan inspirasi bagi para penonton film akan seru dan asiknya hobi atau aktivitas sketching ini. Sebaliknya, bagi film Langit Ke-7 sendiri, juga mendapatkan nilai lebih sebagai properti pendukung film. Bagaimana tidak, bagi orang yang paham dunia sketching tentu akan mengacungkan jempol tim art dan properti film Langit Ke-7 karena detil dalam memilih props untuk seorang sketcher, yaitu pemilihan penggunaan buku Moleskine yang khusus cat air (formatnya yang landscape). Padahal bagi penonton umum mungkin pemilihan jenis buku skets ini tidak terlalu diperhatikan dan tidak penting. Akan tetapi dengan adanya pemilihan jenis buku sketsa ini maka nampak jika film ini peduli dengan detil dunia sketching. Keren!

(Gambar-gambar dari blog Nugraha Pratama)

[]

Share
  1. nashir setiawan says:

    Great! Aga…

Leave a Reply