Seni Menggambar Di Atas Buih Kopi

Seorang pembuat kopi tentu saja bertugas untuk menyajikan kopi senikmat mungkin. Kini bukan hanya nikmat, karena barista mulai menemukan cara-cara kreatif untuk mengemasnya. Bagaimana itu?

Salah satunya dengan teknik membuat gambar di atas kopi, atau yang biasa dikenal dengan Latte Art. Latte Art merupakan metode penyajian kopi dengan menuangkan susu sehingga menghasilkan pola atau desain tertentu. Namun, bisa juga pola tersebut ditambah pula dengan hanya semacam ‘menggambar’ di atas busa latte. Bisa dikatakan sebagai seni melukis di atas permukaan kopi latte.

Melukis di media secangkir kopi ini tidaklah mudah. Tekstur susu, kopi, serta cara penuangannya, tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi para seniman latte art ini.

Nah, semua kesulitan itu kemudian muncul sebagai sebuah karya seni yang secara fisik bisa dinikmati oleh banyak orang. Bagi para penikmat kopi, tentu saja selain rasa dan aroma kopi, latte art menjadi sebuah nilai plus untuk menikmati kopi itu sendiri.

Tanpa sadar, para barista kopi ini membuat para penikmat kopi untuk menikmati karya seni mereka. Selain itu, bagi para penikmatnya, pastinya ada sanjungan tersendiri ketika disediakan kopi dengan lukisan yang indah di atasnya.

 

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply