Peran Seni Rupa Pada Anak

Seni pastinya melibatkan imajinasi dan emosi. Hal ini mungkin bisa menjadi sangat penting bagi anak-anak. Lantas bagaimana cara mengenalkannya kepada anak-anak?

Seperti contohnya di sebuah booth ini, anak-anak sedang asyik membuat patung kreasi mereka. Apa yang mereka lukis di patung mereka, mungkin sesuai dengan imajinasi yang ada di pikiran mereka. Natural, mengalir apa adanya.

image

image

Tanpa sadar, hasil karya anak-anak ini pun menjadi karya seni yang jujur. Mereka mengekspresikan semua yang mereka pikirkan ke dalam karya tangan mereka. Apa yang mereka lukis adalah apa yang mereka pikirkan serta bentuk visualisasi dari  apa yang memang mereka lihat sehari-harinya. Akhirnya, seni juga menjadi pembelajaran yang baik untuk fisik dan mental anak.

image

Seni pun kemudian menjadi sarana untuk latihan berimajinasi, serta mengolah imajinasi juga ekspresi pada anak-anak. Sebagaimana kita tahun, masa anak-anak adalah masa bermain, dan seni adalah salah satu bentuk ekspresi rasa bermain yang sangat baik untuk mereka

Mengenalkan anak dengan seni, mungkin bisa menjadi alternatif untuk belajar sekaligus hiburan untuk mereka (fun learning). Lebih luasnya, mengenalkan anak dengan seni mungkin adalah satu-satunya cara untuk melestarikan seni itu sendiri… Bagaimana menurut anda?

 

(Semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply