Menikmati Matematika dengan Sentuhan Sihir

image

Mungkin tidak sedikit siswa-siswi mengatakan bahwa pelajaran Matematika itu sulit. Alasannya? Entah memang pelajarannya yang tidak mudah dimengerti atau terkadang sang guru menerapkan metode yang monoton. Lantas apa mungkin ada cara yang membuat matematika menjadi lebih menyenangkan?

Seorang guru matematika SMPN 19 Purworejo berhasil mengatasi permasalahan tersebut dengan metode pembelajaran berbeda dari yang lain. Dengan metode berbau “sihir” ala Harry Potter, beliau berhasil “menyihir” murid-muridnya untuk menyukai pelajaran Matematika.

image

Apa yang ia kenakan saat mengajar berbeda dari guru biasanya, yakni peralatan “sihir” untuk mengajar matematika, seperti enggrang, sapu lidi pemberantas kebodohan, nyiru, dan lain-lain. Selain itu ada satu alat yang menarik digunakan oleh bapak ini sebagai media mengajar, yaitu jelangkung! Cara mengatasi kesulitan murid ketika menghadapi soal gradien, dimana sumbu Y menjadi kepalanya dan sumbu X ialah lengan si jelangkung.

Cara mengajar semacam ini yang membuat para siswa jadi menikmati pelajaran matematika. Murid-muridnya pun lebih bersemangat menyimak pelajaran matematika. ( http://www.ekoyulisarwono.blogspot.com )

Mungkin metode mengajar Pak Eko ini bisa menjadi solusi untuk kepenatan dalam pelajaran-pelajaran sulit. Ternyata pelajaran yang membosankan bisa disihir menjadi lebih menyenangkan, tentunya dengan ide dan kreatifitas mengajar seperti ini. Menyenangkan ya?

 

(semua gambar diambil dari blog pribadi Bapak Eko)

[]   Tulisan oleh Amanda – @03BMAI

Share
  1. naura vergoustina says:

    KEREEEEEEEENNNN………SALUTE BUAT BAPAK :*

  2. Iya ya.. mustinya guru2 punya ketrampilan seperti ini 🙂 keren deh

Leave a Reply