Festival Film: Ruang Kreasi Sineas Muda

IMG01587-20121219-2337

Pada Bulan November dan Desember 2012, bulan dimana para sineas muda merayakan aktivitas mereka dengan adanya festival film yang marak dilaksanakan. Dua diantaranya adalah Europe on Screen dan Piala Maya.

Kedua festival ini sama-sama menampilkan atau mempertontonkan film-film hasil kompetisi film pendek dan film panjang dari sutradara-sutradara ternama dan diadakan penghargaan juga yang membedakan hanyalah Europe on Screen condong kepada film Eropa sedangkan Piala Maya lebih kepada film Indonesia.

IMG01572-20121213-1421

 

IMG01583-20121213-1954

Antusiasme kedua festival ini memang agak jauh berbeda, Europe on Screen menyedot perhatian jauh lebih banyak daripada Piala Maya Film Indonesia. Kemungkin film luar negri masih jauh lebih diminati di Indonesia daripada ‘buatan’ dalam negri.

Kendati demikian, perlu diperhatikan bahwa ternyata antusiasme masyarakat akan film baik film panjang ataupun film pendek sedang sangat meningkat. Bahkan sinematografi mungkin saat ini juga sedang booming dan dianggap sedang tren. Banyak sineas-sineas muda mulai berani mengekspresikan ide mereka dalam bentuk gambar. Mungkin hal ini salah satunya dipicu oleh kemajuan teknologi produksi film seperti kamera digital HD.

Bagaimana pun event seperti ini sangat positif. Di saat para sineas membutuhkan ruang untuk menuangkan ide, berapresiasi, dan kompetisi, terutama bagi anak-anak muda. Hal ini tentunya sangat positif bagi pilar film Indonesia beberapa tahun ke depan.

 

(semua gambar milik Malika)

[]   Tulisan oleh Malika – @malikamolly

Share

Leave a Reply