Makan Onde Sesuai Jumlah Umur

image

Taukah anda bahwa tanggal 22 Desember bukan hanya diperingati sebagai Hari Ibu? Bagi sebagian masyarakat Tionghoa, 22 Desember dirayakan Festival Dong Zhi atau perayaan makan onde.

Uniknya para pelaku tradisi ini hanya memakan onde sesuai dengan umur ditambah sebuah onde. Misalnya: Saya harus makan onde sebanyak 20 + 1 buah (21 buah) karena umur saya 20 tahun. Begitu seterusnya. Konon katanya agar umur bertambah satu tahun lagi.

Bayangkan bila umur anda 70 tahun, dimana anda diharuskan untuk memakan 71 onde ditengah gigi yang mungkin sudah tidak tahan manis. Unik bukan?

Ternyata tidak jauh beda dengan tradisi Indonesia, tradisi makan onde ini dipandang sebagai saat berkumpul bersama sanak saudara. Semua sanak saudara harus bersama-sama memakan onde, berbincang-bincang, serta bersenda gurau. Quality time inilah yang kemudian menjadi inti dari perayaan hari onde ini.

Banyak sekali tradisi di Asia khususnya untuk meningkatkan tali silaturahmi. Apapun tradisinyanya, pasti banyak sekali sisi unik yang bisa dibahas, salah satunya perayaan makan onde ini.

Hal tersebut merupakan bukti bahwa masyarakat di Asia masih sangat hangat dalam hubungan kekerabatan. Pokoknya tidak bisa jauh dari keluarga lah… Lantas, bagaimana dengan tradisi anda dan keluarga?

 

 

(Semua gambar milik She)
[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply