Dibalik Desain Terompet Tahun Baru

image

Semarak suasana tahun baru tentu saja tidak lepas dari terompet. Berbagai desain terompet dibuat bukan hanya untuk menarik minat pembeli, tetapi biasanya disesuaikan dengan banyak hal. Salah satunya, terompet ular yang disesuaikan dengan tahun 2013 yang menurut kepercayaan adalah tahun ular.

image

Selain desain yang disesuaikan, banyak juga desain unik seperti saxophone, kupu-kupu, atau seperti sangsakala. Padahal dulu, mungkin desain terompet hanyalah seperti corong yang memiliki leher panjang. Sekarang, semua tergantung bagaimana si pembuat untuk menuangkan idenya. Lantas siapakah yang membuatnya?

Pembuatan terompet bisa dibilang adalah pekerjaan tambahan di akhir tahun. Para pembuatnya bukanlah orang yang memang pekerjaan utamanya adalah pembuat terompet. Contohnya di Jepara, banyak sekali para petani yang ‘beralih’ profesi menjadi pembuat terompet. Di tempat-tempat lain di ibukota pun sama, banyak juga yang menjadikan pembuatan terompet ini sebagai pekerjaan tambahan di akhir tahun, mulai dari pedagang, buruh pabrik dan lainnya

Semangat para pembuat terompet  untuk meraup keuntungan, ternyata tanpa sadar mendorong mereka untuk mendesain terompet sedemikian rupa. Ada saja desain baru tiap tahunnya yang tentu saja unik dan menarik.

image

Selain itu, maraknya penjualan terompet juga menandai bahwa ternyata tradisi meniup terompet saat tahun baruan masih bisa bertahan sampai saat ini. Mungkin salah satu alasannya, karena desain yang makin menarik.

Cobalah menengok ke jalan-jalan dekat rumah anda, adakah desain terompet yang menarik lainnya?

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply