Stop Reading Quotes, Start Writing Quotation

stop

Dalam bekerja dan berkarya, kita memang membutuhkan motivasi sebagai penyulut atau penyemangatnya. Motivasi juga membuat diri kita menjadi nyaman di tengah kepenatan bekerja atau berkarya. Akan tetapi sampai sejauh mana kita harus terus mengkonsumsi motivasi-motivasi tersebut?

Sejak jejaring sosial berkembang pesat di dunia digital penyebaran pesan menjadi sangat mudah dan murah, salah satunya adalah penyebaran pesan-pesan motivasi yang kita kenal dengan “quotes“. Pesan motivasi atau quotes ini tersebar berlimpah ruah di timeline Twitter atau halaman Facebook. Isi bagus dan menarik, sangat memberikan semangat yang tidak cuma untuk bekerja dan berkarya tetapi juga untuk belajar dan keseharian kehidupan.

Yang disayangkan adalah ketika semua quotes yang baik itu tidak diiringi dengan perubahan sikap dan etos kerja si pembacanya. Akhirnya kita hanya terjebak dalam situasi tidak produktif. Semua manfaat dari pesan quotes tadi hanya jadi hiasan dan zat penenang seperti rokok. Ketika kita kalut, cukup membaca quotes yang menghibur dan menenangkan, lalu diam lagi. Sangat tidak produktif dan tidak mempunyai etos kerja dan karya.

Akan berbeda bagi orang-orang yang mampu memanfaatkan wejangan-wejangan motivasi tadi sebagai pemicu (trigger) untuk bekerja dan berkarya. Tidak hanya quotes ternyata, tapi juga bisa dengan termotivasi dari melihat kinerja positif orang lain atau membaca buku atau melihat karya yang bagus. Yang akhirnya, sikap memotivasi diri untuk bekerja dan berkarya ini muncul bukan semata-mata dari luar diri melainkan juga dari dalam diri. Jika demikian maka manfaat quotes akan terasa perubahannya jika kita tidak hanya baca quotes tapi dilanjutkan dengan menuliskan gagasan, ide, atau proposal penawaran pekerjaan (quotation). Dengan demikian maka manfaat dari quotes bisa langsung jadi quotation. Mari mulai menulis quotation untuk calon-calon klien kita.

[] Ditulis @motulz – Creative Consultant at Provetic Consulting

(Foto milik @motulz)

Share

Leave a Reply