Inspirasi Koleksi Tuan Ripley

Ingat acara TV Ripley’s Believe It or Not? Acara TV yang menayangkan hal-hal aneh dan unik yang rasanya tidak mungkin ada. Yang kemudian acara tersebut dikenal di sini dengan sebutan acaranya “AnehTapiNyata”

Tuan Robert Ripley – adalah tokoh dibalik acara tersebut. Ia seperti mengkoleksi banyak hal unik, budaya eksotik tapi menarik, serta sejarah-sejarah aneh untuk diingat. Jika anda ingat, dulu museum Ripley pernah ada di Pondok Indah Mall.

Koleksi museum Tuan Ripley sangat beragam misalnya koleksi tradisi, karakterikstik, cara hidup penduduk suku tertentu, bahkan hukuman-hukuman aneh dari berbagai negara. Jangan heran jika ada pula materi yang asalnya dari Indonesia!

 

IMG_7030

 

IMG_7027

IMG_7032

IMG_7024

 

Berbeda dengan program televisinya, pameran museum Ripley banyak membahas mengenai apa yang dialami Robert Ripley semasa hidupnya, mulai dari gambar kartun yang ia buat,  seragam atlit yang ia kenakan, sampai surat-surat yang ia terima semasa hidupnya.  Selain itu, Robert Ripley jugabanyak mengabadikan foto-foto dirinya ketika ia menemukan hal yang tak lazim.

IMG_7009

IMG_7010

IMG_7013

IMG_7011

Mungkin, dulu Pak Ripley ini dianggap memiliki kebiasaan yang aneh bahkan nyeleneh. Hobi untuk mengabadikan pengalamannya bisa jadi terkesan sepele dulu, tapi ternyata sekarang justru menjadi atraksi tersendiri yang bisa dinikmati banyak orang. Siapa sangka, surat-suratnya dulu pun bisa jadi sebuah atraksi yang diminati banyak orang.

Sebenarnya, hobi seperti ini merupakan sebuah proses kreativitas yang didasarkan dengan perasaan senang. Tak perlu melulu mengenai uang, tapi mungkin ketika kita melakukannya dengan perasaan senang ada keuntungan yang mengejar. Akhirnya bukankah kita melakukan pekerjaan yang memang kita sukai?

Sebenarnya, semua orang pasti memiliki pengalaman unik di dalam perjalanan hidupnya, tinggal bagaimana cara masing-masing orang tersebut untuk mengabadikannya. Toh kalaupun kelak tidaksebesar Robert Ripley, mungkin kelak bisa menjadi kebanggaan para anak cucu, atau minimalnya membawa kepuasan tersendiri.

Lantas, sudah siapkah anda mengabadikan hari ini?

 

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply