Pameran Seni di Mall, Kenapa Tidak?

IMG_7166 resize

Pameran lukisan, foto, atau pameran karya seni tentu saja umumnya dilakukan di galeri. Namun seiring perkembangan seni yang lebih kontemporer maka perkembangan pameran pun mulai “keluar” dari galeri. Pameran kini bisa dilakukan dibanyak tempat yang biasanya banyak interaksi manusianya. Salah satunya adalah mall.

Pusat perbelanjaan atau mall tanpa sadar sudah menjadi meeting point yang dipakai sebagai tempat bersua. Sering sekali, kita lebih memilih untuk bertemu kawan, makan siang, atau menghabiskan akhir pekan di pusat perbelanjaan. Bahkan bukan hanya untuk 1-2 jam, tak jarang kita menghabiskan waktu hingga berjam-jam.

Mungkin fakta inilah yang dimanfaatkan para pelaku seni untuk menjadi alternatif tempat pameran. Keuntungannya? Tentu saja banyak. Penontonnya bukan hanya dari orang yang secara khusus datang untuk melihat pameran, melainkan para pengunjung mall tersebut yang mungkin masih awam dengan dunia seni.

IMG_7170

IMG_6686

Walaupun mereka bukanlah orang yang sengaja datang, tapi cara pameran ini justru mampu menjadi wahana edukasi seni ke masyarakat. Ada banyak pameran yang diselenggarakan di mal. Mulai dari pameran foto, fashion, seni patung, seni lukis, bahkan seni instalasi. Pihak mall pun mulai menyadari manfaat pameran jenis ini dan respon antusias pengunjung mall.

Bagaimana dengan anda, tertarik melihat pameran di mall?

 

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

 

Share

Leave a Reply