Tangguhnya Jazz Indonesia

 424441_315403658525710_76286633_n

Musik Jazz di Indonesia bisa dikatakan bukan jenis musik yang banyak penggemarnya dan mampu menguasai pasar. Akan tetapi hampir puluhan tahun, genre musik ini hadir dan mampu bertahan di Indonesia dari generasi ke generasi. Apa yang menguatkan jazz?

Musik jazz di Indonesia hidup dan bertahan berkat kegigihan musisi jazz itu sendiri. Mereka bermusik seperti menjadi hobi. Tidak heran jika ketekunan dan ketangguhan bermusik mereka bisa diibaratkan: musisi jazz itu bukan mencari uang dengan bermusik, melainkan mencari uang untuk bisa bermusik.  Ketekunan musisi jazz melahirkan ketertarikan pada penikmat musik lain, khususnya anak muda.

Ketertarikan anak-anak muda akan genre jazz makin lama makin besar. Pertumbuhan penikmat jazz bisa terlihat dari tumbuhnya grup musik pop yang ter-influnce dengan rasa jazz. Belum lagi event-event besar pertunjukkan musik jazz. Makin banyak saja bermunculan grup musik dan musisi jazz dari kalangan anak-anak muda. Lewat media digital dan media sosial, referensi musik dan musisi jazz Indonesia makin mudah terakses dan berkembang.

Bahkan tak jarang bila kita menengok youtube, banyak sekali anak muda yang meng-cover lagu dengan aliran yang bermacam-macam menjadi sangat jazzy. Sebenarnya, tidak mudah untuk mengaransemen ulang sebuah lagu, apalagi bila harus diubah menjadi aliran jazz. Permasalahan yang kemudian muncul juga adalah kebanyakan para musisi jazz muda Indonesia ini lebih sering tampil secara offline.

image

Keteguhan dan kesabaran musisi jazz Indonesia ini mampu mempertahankan musik jazz Indonesia hingga mendapatkan perhatian internasional. Perhelatan seperti Java Jazz Festival, tentu membutuhkan waktu pembuktian dan kepercayaan dari musisi-musisi jazz internasional. Saat ini, event Java Jazz Festival sudah menjadi perhelatan tahunan jazz berkelas internasional. Tidak sedikit musisi jazz Indonesia yang jarang tampil di media publik justru mendapat tempat di Java Jazz,  bahkan mampu bersanding dengan musisi jazz kelas dunia. Event inipun menjadi daya tarik turis mancanegara untuk datang ke Jakarta. Bukan sekedar menyaksikan pertunjukkan musik tapi juga untuk berkumpul dengan sesama penikmat jazz.

421198_315464371852972_258463498_n

427654_315403805192362_701832921_n

(semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She –  @toshiko_iko

Share

Leave a Reply