Jajanan Pasar Masuk Mall?

image

Jakarta terkenal dengan kota seribu mall atau pusat perbelanjaan moderen. Tapi pernahkah anda memperhatikan di tengah gaya moderen pusat-pusat perbelanjaan, terselip unsur “pasar tradisional” di sana?

Salah satu contoh yang mudah bisa ditemukan di bagian food court.  Desain warung atau gerobak keliling yang biasa menjajakan makanan atau menu-menu jajanan pasar ikut menghiasi pusat perbelanjaan yang moderen. Ada yang menggunakan barang aslinya ada juga yang membuat replikanya. Tentu ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi perancang food court di sebuah pusat perbelanjaan moderen, apalagi jika menu makanan dan masakan yang dijual di sektor ini adalah makanan dan masakan khas Indonesia. Tidak cuma bergaya jajanan pasar tapi juga gaya warung tradisional.

image

Ternyata cita rasa selera orang moderen perkotaan pun tetap rindu akan jajaan pasar dan masakan tradisional. Desainer interior mall tentu mempertimbangkan hal ini. Sentuhan-sentuhan tradisional bisa memberikan visualisasi tersendiri bagi masyarakat Indonesia mengenai budaya Indonesia tersendiri.

Itu merupakan salah satu contoh. Coba perhatikan sekeliling anda, masih banyak sentuhan tradisional Indonesia yang tentu saja sangat khas dan menarik untuk dibahas. Apa yang anda temukan?

(Semua gambar milik She)

[]   Tulisan oleh She – @toshiko_iko

Share

Leave a Reply