Sentuhan Desain Pada Kerajinan Tradisional

photo 2-small

Entah ada berapa banyak kerajinan tradisional Indonesia yang pernah terdata. Lepas dari situ, produk kerajinan Indonesia memang punya ciri khas tersendiri, baik dari materialnya maupun desainnya yang unik. Seiring perkembangan desain di Indonesia, maka produk kerajinan (craft) tradisional pun akhirnya tersentuh ide-ide unik dari para desainer produk.

Desain produk memang tidak hanya bergelut di dunia industri manufaktur besar seperti pabrik mobil dan motor, melainkan juga masuk ke industri kerajinan yang mana keberadaan dan pertumbuhannya cukup baik di pelosok-pelosok daerah. Kendala  yang sering terjadi adalah pendistribusian dan kanal perdagangannya. Ada banyak upaya membuka jalur perdagangan dari para pengrajin ke pembeli oleh pemerintah. Sayangnya ketika desain dari kerajinan tersebut musti bersanding dengan desain interior, furniture, atau bangunannya, terasa tidak senada dan enggan digunakan oleh pembeli.

photo 4-small

photo 3-small

Lewat sentuhan desainer produk, hal tersebut bisa diatasi. Akan tetapi ini bukan hal mudah ketika sebuah desain tidaklah semata-mata hanya membentuk produk menjadi indah. Pengolahan material pun menjadi tantangan tersendiri. Salah satu upaya yang dilakukan dalam kasus ini adalah kolaborasi para desainer produk ITB dengan para pengrajin di daerah-daerah. Kolaborasi memadukan kemampuan para pengrajin dengan sentuhan dan teknologi yang dikembangkan oleh kelompok Sagalakrap di Bandung.

photo-small

photo 1-small

Kolaborasi kreatif dan inovatif ini akhirnya melahirkan banyak produk-produk kerajinan dengan sentuhan desain moderen. Cepat atau lambat, produk kerajinan sejenis ini akan mampu bersanding dengan produk-produk asing yang modern namun tetap bercita rasa “tradisional”

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share

Leave a Reply