Inovasi Teknologi Pedagang Kaki Lima?

photo 1-small

Pedagang kaki lima pada awalnya hanyalah dikenal sebagai penjual makanan dan minuman. Kini seiring kemajuan barang import dan pendistribusiannya yang meluas hingga ke pelosok, kaki lima pun mulai menjajakan dagangannya tidak sekedar makanan dan pakaian saja, tapi juga perabotan, alat elektronik, peripheral gadget, hingga alat-alat yang unik dan ajaib.

Sering dijumpai di banyak pasar kaget, baik itu setelah bubar Jumatan atau pasar malam, pedagang kaki lima yang menjual alat yang menghadirkan sebuah konsep inovasi teknologi. Dari mulai alat tambahan antenna TV agar penangkapan sinyal lebih baik, lalu kepala dan selang tabung gas elpiji yang jika dipotong mendadak ia tidak akan bocor, pembersih plat besi hingga mulus seperti di chrome, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah kepala kabel busi untuk kendaraan motor ini.

photo 2-small

Sang pedagang mendemonstrasikan perbedaan antara kepala busi biasa dengan kepala busi hasil rancangannya. Lengkap dengan testimonial dari kliping koran dan tentu peragaan saat kepala busi bekerja menghantarkan listrik. Semua dilakukan hanya di atas meja kecil. Pengunjung pun berkumpul dan khidmat memperhatikan demo bagaimana kepala busi yang sudah dicelupkan ke air lalu bisa dengan mudah tetap menghantarkan listrik.

photo 4-small

Kenapa memilih kabel busi motor? Bisa jadi karena kebanyakan yang datang ke pasar kaget seperti ini adalah kalangan pengguna motor. Sementara kasus motor mogok karena busi basah pun adalah kasus pemotor yang sangat umum. Sungguh sebuah miniatur model bisnis di kalangan ekonomi bawah.

Pertanyaannya, apa betul semua teknologi yang didagangkan ini adalah hasil inovasi yang oleh para pedagang besar tidak terpikir? Apa iya dengan hidup keterbatasan para pedagang kali lima ini maka terbesitnya ide-ide mutakhir yang kemudian bisa diterapkan dikeseharian? Apakah penemuan teknologi itu dipatenkan? Bagaimana jika dijiplak?

photo 3-small

Ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang musti digali, semua adalah landasan dasar sebuah inovasi, yaitu curiosity atau rasa penasaran dan rasa ingin tahu. Sungguh menarik jika kita menyempatkan perhatian kita kepada hal-hal kecil yang terjadi di pasar a la orang perkotaan ini, pasar kaki lima.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share

Leave a Reply