Mengamati Desain Bungkus Teh Lokal

image-small

Di tengah maraknya produk teh pabrik besar dan merk luar negeri, produk teh buatan lokal selalu mendapat tempat karena aromanya yang khas. Bubuk tehnya tidak halus dan tidak dikemas untuk celup siap saji, akan tetapi masih kasar dan proses menyeduhnya pun masih dengan cara lama. Semua karena demi ke-khas-an dari cita rasa dan aroma teh Indonesia. Bagaimana dengan desain kemasannya?

Kemasan teh buatan daerah sangatlah unik dan khas. Ada banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan teh seduh. Yang menarik adalah dari hampir banyak produk teh seduh daerah, mereka masih mendesain kemasannya secara “tradisional” pula. Desain yang konon belum mengenal sentuhan desainer grafis, namun memberikan kesan tersendiri.

image-3-small

Begitu pula dengan nama teh itu sendiri, tidak serta merta berupaya untuk berasosiasi dengan produk teh, aroma, atau rasanya. Penamaan teh buatan lokal lebih terasa polos, jujur, dan apa adanya. Mirip dengan penamaan rokok kretek buatan lokal.

image-8-small

image-6-small

image-2-small

Ada banyak daerah di Indonesia penghasil teh seduh racikan rumahan, misalnya dari Solo, Jogjakarta, Sumatera Selatan dan masih banyak lagi. Jika semua itu dikumpulkan, bisa jadi Indonesia membutuhkan museum khusus teh nasional. Bagaimana di daerah anda? Apa merk teh lokal yang unik yang pernah ada temukan? Silakan share di sini.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share
  1. Ervita says:

    Di Solo ada teh Nyapu, bungkusnya bergambar ibu-ibu lagi nyapu πŸ™‚

  2. Ada teh cap sinden, ada juga teh cap tiga anak mas.

  3. saya paling seneng mengamati/mengoleksi desain desain produk tradisional kayak gini, punya nilai seni tersendiri gitu desainnya itu πŸ˜€

  4. momo says:

    suka banget sama teh seduh :*
    suka sama kemasan uniknya juga :))

  5. torro sb. says:

    …saya punya koleksi lebih dari 100 jenis teh lokal dari (sebagian) pulau Jawa, Sumatra, dan Bali. Ada banyak sekali macamnya di tiap-tiap daerah, sepanjang yang saya temui paling banyak variasi teh (kemasan) adalah di daerah Solo (surakarta). Kapan2 akan saya share. Tunggu ya πŸ™‚ kunjungi: http://www.katamantra.blogspot.com

  6. Ibu saya suka sekali membuatkan saya teh. Biasanya tehnya adalah teh tradisional dengan merk “bandulan” yg bungkusnya unik kayak diatas. Aromanya juga unik.

Leave a Reply