Mencari Ide Dari Pedagang Mainan Keliling

photo 1-small

Mainan memang tidak mengenal zaman. Tiap zaman memiliki mainan dalam cirinya tersendiri. Perkembangan mainan tentu beragam dan terus berganti mengisi hari-hari kehidupan bukan saja bagi anak-anak tapi juga orang dewasa. Tidak saja dibeli oleh orang yang kaya tapi juga lapisan masyarakat bawah lewat pedagang mainan keliling.

Tidak ada nama atau sebutan khusus untuk pedagang mainan keliling ini, tidak pas juga jika disebut PKL mainan, atau gerobak mainan? Apa pun namanya, pedagang ini terus hadir di pelosok perumahan, kampung, dan gang-gang sempit. Tentu menjadi salah satu pedagang yang digandrungi anak-anak ketika gerobaknya nampak di ujung jalan. Namanya juga anak-anak, apapun yang terpajang di gerobak itu tentu menjadi daya pikat baginya, yang selalu menjadi ketempuhan adalah para ibu dan pengasuh anak. Mereka akan jadi korban rong-rongan dan rengek-an si anak yang ingin membeli mainan hari ini namun keesokan harinya pun sudah bosan.

photo 3-small

photo 2-small

Jaman dahulu, mainan yang dijual di gerobak ini tentu berbeda dengan masa kini. Dulu masih banyak mainan yang dibuat dengan kerajinan tangan. Kini, yang dijual lebih canggih, kebanyakan mainan impor dari Cina. Maman – si penjual mainan ini, tidak sulit mengambil berbagai jenis mainan ini di pasar besar dengan harga murah. Semua diangkut dalam satu gerobak dan berkelilinglah Maman setiap harinya. Untungnya, mainan ini tidak mengenal basi atau kadaluarsa. Jadi Maman tetap bisa berjualan dengan mainannya kapan pun lamanya.

photo 5-small

Hal unik ini tentu masih jarang dilirik oleh para “marketing” besar yang memiliki target anak-anak. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak memiliki daya loyal yang tinggi. Semua brand atau produk yang akrab dengan dirinya bisa membuat mereka loyal sekali dengan brand atau produk tersebut. Pedagang mainan keliling ini jelas merupakan jalur distribusi penjualan yang efektif untuk produk anak-anak segmen ekonomi bawah. Selain menguntungkan brand itu sendiri, juga membantu para pedagang keliling tersebut lewat bagi hasil tentunya. Siapa kira-kira brand yang akan memanfaatkan jalur distribusi pedagang mainan keliling ini? Kita tunggu saja…

[]

Ditulis oleh Motulz

(Semua foto milik @motulz)

 

Share
  1. sahurinurid says:

    Artikel yang sangat baik untuk membuka pandangan bahwa untuk membuka bisnis mainan itu tidak sulit.

    Kami juga memberikan sebuah kesempatan buat anda yang ingin membuka bisnis mainan anak dengan mengunjungi web http://www.bisnismainananak.com/

Leave a Reply