Bintang Bali: Brand Identitas & Identitas Brand?

Siapa yang tak tahu Bali? Pulau yang menjadi tujuan wisata baik dalam maupun luar negeri. Bali sudah sangat dikenal di mancanegara. Sebagai pulau dewata, Bali juga dikenal sebagai pulau eksotik dan bercita rasa seni yang sangat tinggi.

Bagi wisatawan asing Bali juga dikenal sebagai surganya pantai bagus. Dari yang hanya untuk berleyeh-leyeh, surfing, diving, sampai night party. Semua numplek lengkap di Bali. Sebagai sebuah lokasi wisata pantai tropis tentu kehadiran bir pun menjadi penting bagi wisatawan-wisatawan asing tadi.

Bir, memang merupakan minuman yang tidak begitu tenar di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim. Bir hanya dikenal bagi beberapa orang saja. Ada beberapa merek bir buatan Indonesia, akan tetapi nama Bir Bintang namanya menjadi begitu terkenal dikalangan wisatawan asing. Bir ini bukan sekedar diminum karena alasan buatan lokal, karena bir buatan lokal pun ada beberapa merek. Pilihan atas Bir Bintang nampaknya memang karena seleranya pas dengan lidah dan lambung orang asing.

Bir Bintang, dikenal di Bali dengan sebutan Bintang (logat bule: “binteng please”). Hampir disetiap tempat tongkrongan di Bali tersedia Bintang. Alhasil, Bintang menjadi sebuah identitas yang dibangun atas kesepakatan cita rasa, yang kemudian dijadikan kesepakatan sebagai identitas (ciri) dari Bali. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai atribut atau suvenir Bali yang mencantumkan nama atau logo Bir Bintang. Kini nama brand bir tersebut sudah menjadi “milik” Bali, sebagai ciri tempat asik untuk liburan para turis yang gemar minum bir.

[]

 

Share
  1. Antyo says:

    Lantas seberapa kuat Bali Hai? 🙂

Leave a Reply