Tas Berangka Dayak: Kreatif Demi Ekonomis Yang Mengancam

photo 3-small

Ekonomi kreatif memang sedang ramai. Ada banyak pihak mencoba memanfaatkan ekonomi kreatif ini di berbagai bidang. Akan tetapi seberapa jauh kita bisa menyikapi ekonomi kreatif ini? Apa perbedaan antara ekonomi kreatif dengan kreatif ekonomis? Apa hubungannya dengan Tas Berangka khas Dayak?

Tas Berangka khas suku Dayak di Kalimantan memang bukan produk baru. Kita sering lihat diberbagai acara pameran atau di toko-toko kerajinan lokal. Tas Berangka ini terbuat dari anyaman rotan, Biasanya digunakan oleh suku Dayak untuk membawa alat-alat saat pergi ke ladang. Tas multi fungsi ini akhirnya malah jarang digunakan di pelosok Kalimantan sendiri. Tas Berangka dari bahan rotan di pasaran bisa dijual dengan harga kisaran Rp.80.000 hingga Rp.100.000. Rasanya harga itu sangat mahal untuk masyarakat.

berangka_low

Karena ketidakmampuan daya beli masyarakat untuk membeli tas Berangka, maka solusi kreatifnya adalah membuat “replika” dengan bahan dasar plastik sebagai pengganti rotan. Hasilnya adalah tas Berangka dengan bahan dasar tali pita plastik. Bahan tali pita plastik ini banyak digunakan sebagai pengikat kotak kayu atau kardus. Bahan plastik ini jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan tali pita rotan. Akhirnya dengan daya kreasi yang kreatif, para perajin tas Berangka kini mampu membuat tas Berangka dengan harga jual yang lebih terjangkau masyarakat. Sangat ekonomis!

photo 1-small

Tali tas yang juga terbuat dari plastik

Tali tas yang juga terbuat dari plastik

Melihat solusi tadi, maka cara masyarakat dalam mengantisipasi kebutuhan akan tas Berangka ini sangat kreatif. Hanya saja cara kreatif ekonomis ini bisa jadi lambat laun akan mengancam tas Berangka asli dengan bahan rotan. Kenapa mengancam? Bukan tidak mungkin tas Berangka dengan bahan rotan ini kelak  hanya ditemukan di toko-toko suvenir dalam konteks membangun ekonomi kreatif, sementara di lingkungan suku Dayak Kalimantan sendiri hanya ditemukan tas Berangka berbahan plastik sebagai produk hasil ide kreatif yang ekonomis.

[]

(Foto milik @motulz dan http://www.threadsoflife.com )

Share
  1. Yeni says:

    Berapa harganya

Leave a Reply