Arian 13: Musik & Merchandise

Bagi kalangan pecinta musik metal dalam negeri, keberadaan Seringai memang tidak bisa dipungkiri punya kekuatan lain dari sekedar musiknya yang hingar-bingar dan beroktan tinggi, Seringai mempunyai kekuatan divisi lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu merchandising. Siapa yang sangka bahwa dibalik pentingnya merchandising ini, sang vokalis Arian 13-lah yang langsung turun tangan.

IMG_6224-small

Nama Arian 13 memang dikenal sebagai pelantang vokal dari grup band cadas Seringai. Di luar kesibukan manggung bersama band, Arian memiliki kesibukan lainnya yaitu mengurusi merchandising Seringai. Sejak dulu, Arian memang seorang desainer produk lulusan ITB, hanya saja kesukaan terpendamnya baru muncul sejak ia mulai sibuk dengan Seringai. Hampir banyak atribut dan merchandise Seringai adalah hasil olahan Arian. Kesukaan ini bukanlah kesibukan baru, sejak menjadi vokalis di band Puppen pun Arian memang sudah gemar mengkoleksi merchandise dan atribut band metal luar negeri. Hasilnya adalah menerapkan konsep merchandise dan desain ini untuk band-nya sendiri.

Sejak permintaan yang melimpah akhirnya Arian bersama beberapa temannya sepakat membuat sebuah toko khusus atribut metal di Kemang bernama Lawless. Sebuah toko kecil yang nyaman dengan suasana yang beraroma maskulin. Tidak jauh bersebelahan dengan toko Lawless adalah studio kerja Arian. Sebuah studio 3 lantai yang selain berfungsi sebagai ruang berkarya juga sebagai gudang penyimpanan barang-barang Lawless.

IMG_6237-small

Sulit memang mematok keprofesian Arian, selain vokalis, desainer dan visual merchandiser, ia pun adalah seorang seniman grafis. Beberapa kali mengikuti pameran lukis dan grafis di beberapa galeri. Belum lagi jika melihat koleksi-koleksi atribut band termasuk piringan hitam. Ia tidak pernah segan untuk menghabiskan uangnya demi piringan hitam yang unik atau langka.

IMG_6232-small

Belajar dari kesibukan dan pengalaman Arian adalah bahwa sebuah band bukan saja menghasilkan musik, melainkan juga sebuah brand. Keduanya berkaitan dan saling menguatkan. Karena musik bukan saja hanya CD akan tetapi juga atribut-atributnya. Dari atribut yang besar hingga yang paling kecil seperti stiker. Arian paham betul akan konsep brand marketing tersebut maka tidak jarang ia menghabiskan waktunya hanya untuk mendesain kaos khusus band Seringai-nya. Bagaimana dengan band kamu?

Informasi lebih jauh ada di situs http://lawlessjakarta.com atau bisa follow twitter Arian di @aparatmati atau twitter Lawless di @lawless_jkt

[]

(Foto-foto milik @motulz)

 

 

Share
  1. Salam kaos Om Motzter! Saya ngeliatnya di Tees!

Leave a Reply