Motif Dayak Sebagai Motif Kreatif Desain Tekstil Moderen

photo 1

Motif Dayak memang sudah terkenal, bentuknya yang khas dapat kita temukan dalam banyak jenis hiasan. Dari mulai ornamen arsitektur hingga seni tattoo. Dari mulai ornamen di Bandara Soekarno-Hatta, hingga menjadi desain tattoo seorang jurnalis kuliner kelas dunia – Anthony Bourdain.

Secara tidak langsung, motif Dayak ini sudah mampu menjadi duta budaya. Motifnya yang khas sudah mudah dikenali dan menyebar ke seantero dunia. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan berasal dari kepedulian warga Kalimantan dalam memanfaatkan salah satu “obyek” kultur mereka yaitu seni motif (pattern) atau ragam hias. Di dalam desain tekstil, motif menjadi bagian penting sebagai ragam dan corak sebuah karya tekstil. Ke-khas-an motif Dayak nyata benar aplikasinya dalam banyak produk tekstil di Kalimantan.

photo 2

photo 4

Yang musti diingat juga, bahwa penggunaan motif Dayak ini pun tidak serta merta akan cocok digunakan dalam banyak produk. Tentu musti ada pandangan yang lebih obyektif dari sang desainer, mana yang cocok dan mana yang tidak. Seringkali hal ini tidak terperhatikan akhirnya penempatan dan penggunaan desain dari motif pun menjadi terasa menggangu dan jelek. Akan tetapi tidak sedikit juga motif asli daerah justru tampil indah sebagai motif dari desain tekstil. Salah satunya yang terlihat di beberapa foto motif Dayak dari Kutai Barat, Kalimantan Timur ini. Bagaimana dengan daerah lain? Ada yang pernah menemukan?

[]

(Semua foto milik @motulz)

 

Share

Leave a Reply