Apakabar MetroMini?

IMG_6590-small

Jakarta memang punya banyak moda transportasi. Dari mulai Bajaj sampai busway. Salah satu yang khas adalah transportasi jenis bus namun lebih kecil, entah apa istilahnya namun publik sepakat menyebutnya dengan Metro Mini.

Metro Mini, sebetulnya adalah nama perusahaan jasa bus. Mungkin karena namanya lebih mirip seperti jenis moda transportasi maka Metro Mini sering dianggap sebagai jenis transportasi. Padahal angkutan bus Metro Mini ini jika dilihat dari kelayakannya bisa jadi merupakan salah satu angkutan umum yang tidak nyaman namun keberadaannya memang sudah menjadi kebutuhan bagi banyak warga DKI.

IMG_6601-small

Tidak jelas kapan pertama kalinya Metro Mini beroperasi di Jakarta, mungkin tahun 1970-an. Basis kendaraan yang digunakan adalah semi-truck yang dikaroseri seperti bus kecil. Dengan kapasitas 25 kursi, Metro Mini lebih sering terisi penuh dengan penumpang yang berdiri di pintu.

IMG_6602-small

IMG_6559-small

Keberadaan Metro Mini di Jakarta mungkin akan menjadi kisah ikon tersendiri. Beberapa moda transporasi sejenisnya – yaitu Kopaja (Koperasi Angkutan Jakarta) mulai mendapat perhatian revitalisasi dari Pemprov DKI. Bagaimana dengan Metro Mini? Dihapus? Direvitalisasi? Dikombinasi? Atau apa? Kita tunggu saja

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share
  1. Kliktoday says:

    metromini angkutan yang banyak dicaci tapi tetap aja banyak penggemar. Penumpangnya pun beranekaragam. Tapi yang pasti: harus lebih barhati-hati khsusunya yang berdiri.

    Terimakasih informasinya.

Leave a Reply