Video Art: Serunya Berkesenian Dengan Video

image-small

Video makin menarik sejak teknologi kamera makin mudah dan murah dibanding kapasitas teknologinya. Kamera video sudah bukan lagi mainan para profesional melainkan alat dan media hobi bagi banyak orang. Seniman pun mulai memanfaatkannya sebagai media karya. Pernahkah kamu mencoba?

Video art, adalah pameran karya seni dengan medium video. Yang unik adalah bahwa karya ini memanfaatkan keunggulan visual dan audio. Dari mulai efek hingga teknik pengambilan gambarnya. Ada banyak pameran seni video yang diakan di Indonesia, sayangnya belum sangat banyak dan belum menyebar luas peminat pembuatnya. Salah satu pameran yang sudah beberapa kali digelar tiap tahunnya adalah “OK Video Festival” yang tahun ini bertajuk “Muslihat

image-2-small

image-4-small

image-3-small

Padahal secara tampilan, konsep video art bisa sering terlihat dalam konsep video musik (video clip). Sayangnya sejak MTV Indonesia sudah tidak lagi hidup maka para “aktivis” video klip kurang mendapatkan medium tayang.

image-1-small

Jika saja video art ini dikembangkan terus hingga ke tingkat sekolah, mungkin akan lebih mendukung semarak dan serunya konsep visual dari video di TV Indonesia. Semoga makin banyak komunitas dan sekolah yang tertarik membuat lomba dan workshop video art ini.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

 

Share

Leave a Reply