I Gusti Nyoman Darta: Ikon Kuliner Bali

IMG_7347_c

Bagi banyak penggemar kuliner Bali, rasanya nama beliau sudah tak asing lagi. Dikenal bukan karena sekedar masakannya tapi orangnya yang sangat bersahaja. Dialah I Gusti Nyoman Darta, lebih akrab dengan panggilan Pak Darta (e).

Racikan masakan Pak Darta bisa ditemukan diberbagai workshop masak di hotel-hotel atau resort berkelas di Bali. Entah sudah berapa banyak chef yang bekerjasama dan belajar masakan Bali dari beliau. Padahal latar belakang pendidikannya bukan dari sekolah masak. Saat ditemui di sela-sela culinary sharing-nya ACMI di Ubud Writers & Readers Festival 2013, Pak Darta bercerita awal mulanya mengenal memasak dari dapur istana Ubud.

IMG_7322 2

Sejak kecil, Pak Darta takjub dengan penghuni istana Ubud yang mayoritas panjang umur. Setelah mencari tahu dan tanya sana-sini ternyata resepnya ada pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari warga istana. Sejak itulah Pak Darta mendalami berbagai bumbu, bahan makanan, dan resep khas Istana Ubud. Dari situlah Pak Darta meracik semua makanan khas Bali dengan sentuhan kemewahan dan khasiat ramuan Istana Ubud. Tak disangka racikannya kemewahan tersebut justru memberikan sebuah kelas tersendiri yang pas untuk bersanding di menu-menu hotel mewah di Bali.

IMG_0306 2

IMG_0309 2

Puluhan tahun Pak Darta menggeluti kuliner Bali ini dan tidak heran jika akhirnya beliau layak dikenal sebagai ikonnya kuliner Bali. Maka saat ACMI mengadakan culinary sharing di Ubud Bali pun, Santhi Serad – sebagai ketua ACMI layak mengajak beliau sebagai narasumber. Maestro kuliner Indonesia – Pak William Wongso pun tidak segan belajar dan bertukar pengalaman ramuan masakan Bali dari Pak Darta. Bagaimana dengan daerah lain? Sudah semestinya tiap daerah mempunyai tokoh atau ikon kulinernya masing-masing. Karena masakan lokal tetap punya tempat di khasanah kuliner nusantara.

(Foto-foto milik @acmiID)

 

Share

Leave a Reply