Hijaunya Cawang Interchange: Ide Hutan Kota?

image-2-small

Pernah melintasi jalan bebas hambatan (tol) dalam kota Jakarta? Pernah melintas Cawang Interchange? Jika belum cobalah sesekali karena di sana terdapat pepohonan yang cukup rindang dan asri.

Jakarta memang butuh banyak sekali hutan kota, fungsinya selain sebagai penyaring udara yang kotor juga sebagai lahan bersantai untuk warga. Yang sering kita lihat adalah taman kota, taman dengan tata tanaman yang teratur dan dibuat seperti tempat rekreasi. Berbeda dengan hutan kota, tanamanya rindang, pepohonannya tinggi dan besar-besar, lalu yang paling menyenangkan adalah susunan tanamanya lebih alami (tidak ditata).

image-small

Hutan kota memberikan kesan yang lebih asri dan alami dibandingkan taman kota. Taman kota dibuat dan ditata sedemikian rupa agar tampak cantik dan teratur. Tidak heran jika di taman kota dibuatkan jalan setapak untuk pengunjung. Sementara hutan kota bisa lebih alami dan apa adanya. Semua tanaman yang ada di hutan kota nyaris tidak membutuhkan perawatan khusus, seperti disiram rutin atau dipangkas.

image-3-small

Cawang Interchange, adalah salah satu yang mirip sekali dengan hutan kota. Sayangnya posisi hutan ini jauh dari jangkauan pejalan kaki. Yang bisa menikmati hanyalah pengendara mobil yang lewat situ. Keindahan Cawang Interchange adalah selain pepohonanya yang rindang dan lebat, tanahnya pun berkontur (berbukit-bukit) sehingga nampak sekali seperti sebuah hutan yang berada di antara simpang siur jalan tol.

image-7-small

Jika saja di Cawang Interchange ini dilepas beberapa hewan yang bisa hidup liar di sana, lalu dibuatkan aliran air (semacam air terjun kecil) sebagai pengairannya, maka lokasi ini sangat layak jadi semacam hutan kota. Semakin banyak lokasi yang dibuat seperti ini maka semakin alami dan asrilah Kota Jakarta

[]

(Foto-foto milik @motulz)

 

 

Share

Leave a Reply