Suvenir Kota Yang Mudah, Murah, Tapi Otentik

Bagi pelancong, membawa suvenir atau oleh-oleh itu sebuah kelengkapan lain yang seru untuk teman-temannya di tempat asalnya. Akan tetapi banyak sekali warga sebuah kota yang tidak menyadari bahwa bagi pelancong itu fungsi suvenir atau oleh-oleh tidaklah begitu penting. Yang paling penting adalah “nama kota”-nya, harga murah, dan mudah dibawa.

Foto di atas adalah beberapa contoh suvenir atau oleh-oleh yang secara fungsi tidak terlalu penting, harga murah, teknis pembuatan juga mudah, namun penggunaan nama kota atau negara menjadi penting sebagai TANDA SAH bahwa benda-benda tersebut berasal dari sana. Bagaimana dengan kota-kota di Indonesia?
[]
Share
  1. Antyo says:

    Menarik, bahwa sejak 90-an suvenir kota-kota dunia dipasok dari RRC. Juga menarik alasan Joger dan Dagadu, dan Mahanagari, hanya menjual di kota masing-masing. Memang sih, yang mengacaukan itu kemudian pembajakan… 🙁

    • motulz says:

      Betul juga Paman…
      Oh iya saya malah tertarik ketika suvenir itu dibuat dalam konteks kerajinan (craft) jd jangan model industri spt sablon. Misalnya pulpen dengan gagang wayang golek dari kayu. Saya yakin RRC ga bisa bikin tuh :)) kecuali ada wayang golek dari cetakan plastik hehe..

Leave a Reply