Furniture Karya Desainer Lokal Yang Makin Memikat

Perabot rumah atau kantor saat ini nampaknya bukan sekedar memenuhi fungsinya saja, desain yang indah dan serasi seringkali menjadi pertimbangan penting. Yang menariknya lagi, kini siapa desainer-nya pun menjadi salah satu pertimbangannya.

photo 1

photo 2

Penjualan perabotan (furniture) dengan desain yang bagus memang mudah ditemui dibanyak toko-toko perabotan. Mulai desain Victorian, art deco, Skandinavian, sampai moderen dan postmodern. Desain-desain tersebut menjadi tren baru sejak memasyarakatnya kebutuhan desain interior di kelas kantor kecil, studio, town-house dan apartemen. Kesesuaian desain perabotan menjadi penting sejak fungsi kenyamanannya dirasakan langsung oleh penghuni atau penggunanya. Tidak kalah penting, pengembangan teknologi fabrikasinya pun sudah makin maju. Teknik sambungan kayu, pembengkokkan kayu (bending), atau pengawetannya yang tanpa mengubah warna dan karakter kayu.

photo 4

Yang membanggakan adalah, saat ini sudah banyak beredar desain-desain furniture yang dibuat oleh desainer dalam negeri. Desain yang unik karena mengambil elemen dan ornamen khas Indonesia. Seperti yang terdapat pada acara Pasar Desain 2013 di Grand Indonesia Jakarta beberapa waktu yang lalu, semua produk dirancang dan dibuat oleh desainer lokal.

photo 5

Hal ini jelas membanggakan dan membuka peluang besar bagi para desainer lokal, industri kreatif, dan pangsa pasar baru dalam dan luar negeri. Tumbuhnya industri ini tentu akan membuat semacam lingkaran “market” baru dalam ekosistem dunia kreatif dalam negeri. Dengan pengembangan desain elemen dan ornamen khas sebuah daerah diharapkan akan menumbuhkan kolaborasi baru dari desainer furniture dengan pengrajin di daerah-daerah. Kita tunggu saja..

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share
  1. Mohd Uzzi Fadhli says:

    Bagaimana cara memesan produk furniture di atas?

Leave a Reply