Ketoprak, Jajanan Yang Khas Gerobaknya

photo 3

Tiap kota tentu memiliki masakan dan makanannya yang khas, begitu pula dengan jajanannya. Yang menarik dari jajanan adalah benguk gerobak jualannya pun punya ciri khasnya tersendiri. Untuk Jakarta, salah satu jajanan yang khas adalah Ketoprak. Apa yang unik dari gerobak Ketoprak ini?

Secara racikan bahan, Ketoprak mirip dengan Kupat Tahu dari Jawa Barat atau olahan Tahu Petis dari Semarang. Ketoprak Jakarta berbahan bihun, tauge, dan ketupat dicampur dengan tahu goreng yang diolah dengan bumbu kacang. Taburan kerupuk merah menjadi pelengkapnya. Ketoprak mudah ditemukan di Jakarta, namun menurut penikmat jajanan Ketoprak yang enak adalah ketoprak yang dijual di gerobakan, bukan yang di restoran.

photo 1

photo 2

Gerobak Ketoprak memang khas, bentuknya besar dan berwarna-warni kontras. Seperti kita melihat gerobak khas penjual sate keliling yang berbentuk perahu, bentuk gerobak pedagang Ketoprak pun sangat khas. Warna dominan merah dan hijau tua membuat gerobak Ketoprak sangat kentara jika dilihat dari kejauhan. Sebagai ciri yang sangat menonjol adalah peletakan penggorengan pemasak tahu pada moncong depan gerobak.

Jika berkesempatan menemukan gerobak Ketoprak di seputaran Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipinya. Ditemani teh tawar panas sebagai minumannya lebih melengkapi nikmatnya cita rasa jajanan Betawi ini.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share
  1. Panji says:

    Kata nyokap gw, gerobak ini sebenernya bukan ciri asli ketoprak jakarta, krn jaman dia kecil ga ada ketoprak yg pake gerobak, semua pikulan.. Dan cabenya mentah, bukan cabe rebus….

  2. motulz says:

    Oh ya? 😀 wah menarik.. thanks info nya Nji

  3. wah iya juga ya, mayoritas gerobak ketoprak bentuk dan warnanya sama. tapi yang keliling di rumah saya beda, warnanya biru :))

Leave a Reply