Menikmati Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta

IMG_4473

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, ya mungkin kita semua sudah tahu dan terkesan biasa saja. Bagi pelancong asal Jakarta lokasi ini semacam terlalu mainstream untuk dinikmati. Benarkah demikian? Kenapa kita jadi bosan?

Jakarta pada awalnya adalah kota yang dibangun tidak sengaja. Sebagai sebuah pelabuhan yang selalu sibuk dengan hiruk-pikuk aktivitas manusia pada tempo doeloe, akhirnya pembangunan di sekitar Kota Tua dan Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pesat. Pemerintah kolonial Belanda pun menjadikan wilayah ini sebagai wilayah perdagangan. Sejak itulah lahir Kota Batavia yang kemudian kita kenal dengan Jakarta.

IMG_4492

Hiruk pikuk suasana pelabuhan masa itu memang tidak seperti yang terjadi hari ini di Pelabuhan Sunda Kelapa. Namun, jika kita hobi fotografi lokasi ini nampaknya menjanjikan seribu macam obyek yang bisa kita buru. Obyek dan aktivitas di sana sangatlah beragam dan menantang kita untuk bisa ditemukan dan kita rekam. Keseharian di sana memang hanya kesibukan para pekerja kargo yang musti mengirimkan barang ke luar Pulau Jawa. Jika beruntung, maka kita akan menemukan paket-paket kiriman barang yang unik untuk kita foto.

Kegiatan lain adalah para pekerja kapal yang sibuk merawat badan kapal atau membersihkannya. Yang menarik adalah semua pekerja  yang bekerja ini nampaknya sudah makfum dengan hadirnya para fotografer atau turis-turis asing yang berseliweran di sekitar mereka. Akhirnya saat difoto pun  mereka sudah tidak melihat lensa kita. Kegiatan foto kita tentu akan lebih santai selama kita tidak mengganggu kerja mereka.

Keunikan lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa ini terbukti menarik dan unik, ketika sutradara kelas Hollywood-pun memilih lokasi pelabuhan ini sebagai salah satu lokasi shooting-nya. Jejeran kapal-kapal kayu dengan kesibukan pekerja-pekerja berkarakter asia ini mungkin cukup mencuri perhatian Michael Mann.

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share
  1. dan daku belum pernah ke sini #JengJeng

  2. ainun says:

    Aku juga belum pernah ke sini… *sedih*

  3. ratih says:

    gw tiap hari lewat sini, kantor gw deket banget ama pelabuhan sunda kelapa. tapi kereen euy, difoto kayak begitu….padahal aslinya kumuh…. keren tul…..

Leave a Reply