Kreativitas Tisu Toilet Dan Tisu Makan

photo 5

Kreativitas sering disebut sebagai sebuah gagasan yang bebas batasan. Seperti apa? Contoh hal tersebut yang paling mudah kita temui di Indonesia ternyata ada di toilet dan di meja makan.

Tisu makanan, bukanlah barang yang umum ada di tempat makanan Indonesia kelas warung dan kedai. Mungkin karena harganya yang mahal. Kalaupun disediakan tisu makanan, biasanya dengan warna yang pucat dan nampak terbuat dari kertas sisa olahan daur ulang. Ada yang warna kuning, merah muda, dan hijau pucat.

photo

Namun, para pedagang kelas warung tidak kehabisan akal dalam menyikapi kebutuhan tisu ini. Mereka mengakalinya dengan membeli tisu gulung untuk toilet yang harganya pun jadi lebih murah. Bahkan dibeberapa toko grosir sudah dijual bundelan. Yang menarik lagi, seiring dengan makin marak dan terbiasanya kita makan dengan tisu toilet tersebut, maka pabrik perabotan plastik pun akhirnya membuatkan tempat khusus tisu toilet untuk diletakkan di meja makan. Bentuknya pun khas dan tidak berkesan “toilet”.

photo 3

photo 1

Sejak kemunculan tempat tisu makanan gulung ini, pelan-pelan sudah membentuk kebiasaan kebersihan dari para penjaja makanan di kelas warung dan kaki lima. Bahkan menurut Ade – pemilik warung mie instan, mereka musti menyediakan hampir 20 tisu gulung dalam sehari. Para pelanggan pun tidak pernah ada perasaan jijik dengan keberadaan tisu toilet di meja makan mereka. Para pelanggan yang mayoritas adalah kelas bawah nampaknya tidak merasa jijik dengan “kesan tisu toilet” ini karena memang mereka tidak pernah menggunakan tisu gulung di toilet mereka. Sebuah bentuk dari gagasan kreativitas bukan?

[]

(Foto-foto milik @motulz)

Share

Leave a Reply