Mas Dhar: Menangkap Suasana Lewat Sketsa

Sketsa sering diartikan sebagai sebuah kegiatan coret-coret, nyeket, atau doodling. Lebih dari itu sketsa juga merupakan sebuah proses kreativitas.

Mas Dhar Chedar, melakukan sketsa langsung di lokasi sebagai sebuah proses kreasinya. Proses ini jelas melatih kemampuan menangkap situasi, benda, dan aktivitas riil (3D) menjadi sebuah coretan (2D). Dengan proses ini maka si pelaku sketsa akan mendapatkan sensasi langsung dengan benda atau modelnya.

Hal lain yang bisa dipelajari adalah tentang pencahayaan dan jatuhnya bayangan di lokasi. Yang kemudian itu semua membantu kita untuk mendapatkan kedalaman (depth) dari sebuah benda atau suasana.

(klik gambar untuk perbesar)

Membuat sketsa tidak musti menjadi gambar suasana, Mas Dhar sesekali men-skets hanya detil-detil benda atau aktivitas. Sungguh merupakan sebuah proses studi gambar. Buat yang ingin mencoba, bisa mencoba melakukan sketsa pada benda-benda sederhana dan tidak perlu besar yang ada di sekitar kita.

(klik gambar untuk perbesar)

Untuk melihat lebih jauh proses dan karya Mas Dhar bisa langsung ke blog-nya di http://cedharrsketchbook.blogspot.com

[]

  1. Antyo says:

    Wow! Saya mlongo!
    *pengin belajar nggambar*

  2. Donald says:

    Summary yang singkat dan jelas tetapi cukup untuk membuka wawasan umum tentang dunia sketsa dan perkembangannya saat ini.
    Semoga artikel ini berguna bagi dunia awam dan dunia seni rupa Indonesia. Amin.

Leave a Reply