Ardian Syaf, Komikus DC Comics di Tulungagung

10320979_694141383956328_4048445135420179055_o

Siapa yang tak kenal dengan komik keluaran DC Comics Amerika, tapi siapa  yang sangka jika salah satu penciller-nya orang Indonesia? Bukan di Jakarta tapi di Kota Tulungagung.

Banyak yang tidak menyangka jika nama Ardian Syaf di beberapa komik keluaran DC Comics adalah orang Indonesia. Orang yang ramah dan bersahabat ini tinggal di sebuah kota kecil – Tulungagung. Nyaman bersama anak dan isterinya, Ardian Syaf sejak 2009 menekuni pekerjaan menjadi tukang pinsil komik-komik luar.

Kualitas gambar Ardian Syaf sudah tidak perlu diragukan lagi. Coretan pinsilnya sangat berkarakter dan mantap. Begitu pun dengan gambar-gambar properti juga sudut pengambilan perspektifnya, terlihat sangat advance! Yang mengagumkan dari Ardian Syaf ini adalah kesederhanaannya. Ardian tetap rendah hati untuk seorang penciller kelas komik dunia. Rumahnya di Tulungagung pun seakan sudah menjadi studionya yang nyaman.

Jika ingin melihat lebih banyak karya-karya komik Ardian Syaf bisa langsung ke Facebooknya. Disitu banyak ditampilkan karya-karya pinsil Ardian Syaf yang sudah di tinta (inking) dan diwarna (coloring). Proses tinta dan pewarnaannya dilakukan oleh komik artis dari negara lain. Sungguh sebuah kolaborasi yang mengagumkan.

Melihat karya dan skill Ardian Syaf ini, jelas membuktikan bahwa kemampuan komikus-komikus artis Indonesia sudah mampu memenuhi kriteria standar internasional. Hal ini lah yang musti di-support pemerintah lewat kementrian Ekonomi Kreatif.. semoga!

(semua karya di atas milik Ardian Syaf, dikutip dari halaman Facebook-nya)

[]

 

Share
  1. Antyo says:

    Hah? Baru tahu saya! Alangkah celakanya saya hidup dalam tempurung telungkup. Terima kasih atas info ini.

  2. ariesus12 says:

    Wih hebat keren asli. Nanti saya pasti nyusul! Pasti.

  3. situs keren utk pecinta kreativitas.

Leave a Reply