R.E.Hartanto, Perupa Banyak Media

Menjadi seorang seniman tentu selalu dianggap cakap dalam menggambar. Mas Tanto punya cara lain menterjemahkan anggapan tadi. Salah satunya adalah bermain dengan banyak media.

Lulusan seni lukis FSRD ITB ini tentu sudah banyak makan asam garamnya melukis. Akan tetapi Mas Tanto juga sangat dikenal sebagai seniman yang techy. Berawal dari keisengannya membuat situsnya sendiri dengan belajar HTML dan berteman dengan banyak web designer dan web programer. Hasilnya Mas Tanto punya blog sejak akhir 90-an yang kebanyakan berisikan tulisan-tulisan dan sketsanya.

Ketika berada di Belanda pun, Mas Tanto banyak melakukan eksperimen karyanya dengan melibatkan gadget. Hal ini membuat kesan baru atas pendapat umum bahwa seorang seniman katanya selalu menjauhi hal-hal moderen atau canggih, Mas Tanto berhasil membuktikan kesan dan pendapat tersebut adalah salah.

Belakangan Mas Tanto membuat karyanya bukan saja menggunakan gadget kamera foto, melainkan mengajak fotografer, make up artist juga bahkan melakukan casting khusus untuk model-modelnya. Hasilnya pun sangat mengagumkan dan unik.

Pesan yang bisa diambil dari Mas Tanto ini adalah bahwa kepuasan dalam berkarya musti terus ditumbuhkan. Tidak lekas puas dengan skill yang dimiliki saat ini. Eksperimen skill, material, dan media menjadi sebuah cara lain untuk mengeksplorasi ide-ide dan gagasan berkarya. Satu hal lain sebagai catatan, menjadi seniman yang rendah hati ternyata akan mudah menerima hal-hal baru (seperti perkembangan teknologi) di sekitarnya.

Blog Mas Tanto bisa dilihat disini http://www.rehartanto.info

(semua foto diambil dari blog Mas Tanto dan internet)

[]

Share
  1. Antyo says:

    Komplet bener ini orang. Oh ya, studionya rapi ya. 🙂 Kalo studio Dik Motulz piye? Rapi juga? 😀

Leave a Reply