Desain Kantong Kresek Sebagai Tempat Sampah Dari Wonogiri

Kita masih sering mendengar gerakan sosial bebas dari kantong plastik kresek saat berbelanja. Alasannya kantong plastik kresek ini tidak ramah lingkungan dan hanya menambah sampah plastik saja. Ajakannya adalah membawa kantong belanja sendiri daripada harus membawa pulang kantong plastik kresek yang hanya akan jadi sampah, benarkah?

Di Wonoboyo Wonogiri, seorang pemuda bernama Akbar mencoba melihat masalah kantong plastik kresek ini secara terbalik. Kantong plastik kresek yang selama ini dianggap sebagai sampah oleh dirinya justru dibuat menjadi solusi tempat sampah. Cara sederhananya adalah dengan memanfaatkan kantong-kantong plastik yang ada untuk dimanfaatkan sebagai pengumpul sampah sebelum dibuang di ke tempat sampah besar.

Desain yang dibuat Akbar cukup sederhana dan cukup memenuhi solusinya. Yaitu sebuah rangka dari besi ringan yang cukup memegangi kantong plastik dari berbagai ukuran. Dari yang dibuat Akbar, ada tiga jenis ukuran kantong plastik dan ketiga ukuran ini sengaja dibuat Akbar tidak dalam posisi menggantung, alasannya agar si kantong plastik kresek tidak terbebani saat sampah penuh, maka penopang si kantong plastik ini cukup dasar rangkanya saja. Sungguh efektif.

Dengan cara seperti ini, akhirnya pemanfaatan kantong plastik kresek dapat di re-use sebagai kantong sampah atau yang lebih dikenal dengan trash bag. Solusi semacam ini diharapkan bisa lebih mengajak masyarakat untuk makin menjaga kebersihannya dengan memanfaatkan kantong plastik kresek yang mereka miliki. Ingin kenal lebih jauh tentang desain produk ini? Silakan hubungi Akbar di Wonogiri via email aknenlaboratory@yahoo.com

Desain Akbar ini jelas dapat diolah dan dikembangkan lebih jauh, baik dari penggunaan material, desain struktur, atau bahkan pengembangan fungsinya lagi. Desain baru dapat menginspirasi lahirnya desain-desain lainnya. Atau paling tidak dari sebuah desain tentu dapat lahir versi-versi pengembangan dan perbaikan dari desainnya terdahulu. Bagaimana dengan teman-teman di daerah lain? Adakah inovasi atau desain yang ingin di bagi ceritakan di sini? Kami tunggu 🙂

Akbar - desainer

Akbar – desainer

[]

Share

Leave a Reply