Coret-Coret Dinding, Artistik? Kotor?

Hampir di tiap sudut kota Jakarta bisa kita temukan coret-coret dinding atau pintu garasi kosong. Coret-coret dengan cat semprot ini lebih dikenal dengan sebutan graffiti.

Coretan graffiti memang memanfaatkan ruang publik sebagai media canvas dan galerinya. Makin canvas tersebut ramai dilalui publik maka bisa dibilang graffiti tersebut makin keren. Keren disini dikarenakan teknis dan proses pembuatannya membutuhkan tingkat kesulitan dan nyali tinggi. Kenapa nyali? karena pengerjaan graffiti ini tanpa izin.

Karena graffiti dipamerkan dipublik, maka tidak ada sistem kurasi. Bagi coretan yang bagus, biasanya tetap dijaga keutuhannya oleh pembuat graffiti lain. Sementara graffiti yang terlihat asal-asalan atau tidak selesai biasanya ditimpa dengan coretan baru.

Di luar negeri, seni jalanan ini sudah bukan sekedar coretan-coretan graffiti saja namun sudah membuat seni patung dan seni instalasi. Mustinya sih tidak lama lagi akan muncul seni patung dan seni instalasi jalanan di Jakarta.. mungkin.

[]

Share
  1. Kintania dk says:

    Ini dmn yaa

Leave a Reply