Kreavifitas Anak Bandung: Bikin Simulator Pesawat!

 

IMG_3699

Bandung memang dikenal dengan kreatifitas anak-anak mudanya. Kali ini kreativitasnya berpadu apik dengan teknologi dan engineering, yang kemudian menghasilkan karya yang canggih, yaitu simulator!

Simulator adalah alat simulasi yang digunakan sebagai alat bantu latih dari kendaraan atau alat yang sangat mahal dan penuh risiko jika digunakan oleh para pemula. Alat simulasi ini mulai dari mobil, tank, kapal laut, helikopter,  hingga pesawat terbang. Simulator ini bukan barang murah, makin mendekati produk aslinya maka makin mahal harganya.

Di kawasan Dago atas, sebuah komplek kantor dan workshop dibangun hanya untuk pengerjaan pembuatan simulator ini. Awalnya dibangun oleh para mantan pegawai PT DI yang harus dirumahkan akibat krismon. Namun mulai dari 2007 mereka nekad membuat sebuah produk yang tidak umum dikerjakan dengan cara rumahan. Namun dengan modal nekad tadi dipadu dengan kemampuan engineering, teknologi, dan kreatifitas. Maka lahirlah T&E (Technology & Engineering) Simulation, aseli buatan Bandung.

Di dalam tim T&E Simulation ini pada awalnya hanya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang teknologi dan engineering saja, namun seiring waktu kini tim T&E terus bertumbuh dengan merekrut banyak anak-anak muda yang piawai menggarap sisi kreatif, seperti animasi, 3D modeling, hingga sound effect untuk kembutuhan projeksi simulasinya. Bahkan kreativitasnya ini terus melambung, untuk instrumen-instrumennya pun kini mereka mampu membuatnya sendiri. Tidak heran dengan kemampuan kreativitasnya ini mereka mampu menekan harga hingga bersaing dengan produk sejenis buatan asing.

Sayangnya, dikarenakan produk simulator ini bukan dibuat untuk konsumsi umum maka sulit bagi kita masyarakat awam mencicipi kecanggihan simulator ini.  Maka nantikan saja kehadiran simulator buatan T&E Simulation ini di ajang pameran-pameran teknologi atau pameran militer. Juga semoga pemerintah pun bisa segera membentuk lembaga pemberi sertifikasi bagi simulator-simulator buatan Bandung ini, untuk kelas jenis pesawat jet komersial. Dengan begitu maka T&E Simulation makin punya kesempatan luas untuk mengembangkan pasarnya sebagai bentuk dari industri kreatif.

[]

(Semua foto milik @motulz)

 

Share

Leave a Reply